Halo pada posting ini saya akan mencoba menjelaskan contoh penerapan penggunaan perintah if, operator perbandingan dan logical operator yang telah di bahas pada posting sebelumnya. Anggap kamu mau membuat program yang akan memberikan nilai akhir mahasiswa dalam bentuk akhir A, B, C, D, atau E.

Ketentuan penilaian adalah sebagai berikut :

  • Nilai A adalah nilai antara 80-100.
  • Nilai B adalah nilai antara 70-79.
  • Nilai C adalah nilai antara 60-69.
  • Nilai D adalah nilai antara 50-59.
  • Nilai E adalah nilai antara 0-49.

Jadi bagaimana cara membuat program php untuk penilaian mahasiswa diatas dengan menggunakan perintah php ?. Caranya mudah sekali. Berikut ini saya akan menjelaskan langkah demi langkah membuat program tersebut.

  • Langkah pertama adalah membuat variabel untuk menyimpan nilai akhir mahasiswa. Misalkan nilai akhir mahasiswa disimpan dalam variabel bernama $nilaimhs.
  • Langkah kedua adalah membuat perintah if yang melakukan pengecekan nilai. Apakah nilai mahasiswa tersebut termasuk dalam kriteria A, B, C, D, atau E.
  • Langkah terakhir adalah menampilkan output nilai akhir mahasiswa dalam bentuk A, B, C, D, atau E.

berikut ini merupakan program php untuk menampilkan nilai akhir mahasiswa.

<?php

if ($nilaimhs >= 80 && $nilaimhs <=100)

{

echo “A”;

}

elseif ($nilaimhs >= 70 && $nilaimhs <= 79)

{

echo “B”;

}

elseif ($nilaimhs >= 60 && $nilaimhs <= 69)

{

echo “C”;

}

elseif ($nilaimhs >= 50 && $nilaimhs <= 59)

{

echo “D”;

}

elseif ($nilaimhs >= 0 && $nilaimhs <= 49)

{

echo “E”;

}

?>

pada script php diatas terdapat 5 jenis pengecekan yang menghasilkan nilai akhir dalam bentuk A, B, C, D, atau E sesuai dengan nilai akhir mahasiswa yang didapat. Pengecekan dilakukan dengan menggunakan logical operator && karena nilai akhir A, B, C, D, dan E merupakan interval nilai. Contoh untuk mendapatkan nilai A mahasiswa harus mendapatkan nilai di antara interval 80-100, nilai B merupakan interval nilai antara 70-79, nilai C merupakan interval nilai antara 60-69, nilai D merupakan interval nilai antara 50-59, nilai E merupakan interval nilai antara 0-49. Sedangkan untuk menampilkan huruf A, B, C, D, dan E digunakan perintah echo. Bagi anda yang lupa perintah echo dapat membaca pada posting sebelumnya yang membahas mengenai cara menampilkan output pada layar browser

rating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating on Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating off Contoh studi kasus menggunakan perintah if di phprating off Contoh studi kasus menggunakan perintah if di php (2 votes, average: 8.00 out of 10)
loading Contoh studi kasus menggunakan perintah if di php Loading ...